banner
Okt 3, 2017
29 Views
0 0

Cara Menyusun Kesimpulan Laporan Penelitian Sains

Written by
banner

Biasanya, sebuah laporan penelitian berisi deskripsi komprehensif mengenai latar belakang, prosedur, metode analisis data, dan temuan penelitian Anda. Sejalan dengan namanya, laporan penelitian digunakan untuk “melaporkan” proses penelitian yang dilakukan oleh peneliti beserta berbagai temuan baru yang dihasilkan melalui penelitian tersebut. Sebaik-baiknya sebuah laporan penelitian, kredibilitasnya akan menurun secara signifikan jika tidak dilengkapi dengan kesimpulan yang padat dan menyeluruh. Ingin tahu cara membuat kesimpulan laporan penelitian yang berkualitas? Baca terus artikel ini!

1. Membuat Kerangka Kesimpulan

Baca kembali tugas yang diberikan. Pastikan semua bagian sudah Anda kerjakan sehingga bisa dicantumkan di dalam kesimpulan. Luangkan waktu untuk menyusun daftar hal-hal yang seharusnya Anda teliti atau pelajari melalui eksperimen tersebut.

2. Telusuri kembali bagian pendahuluan laporan Anda.

Agar kesimpulan penelitian yang Anda buat sejalan dengan seluruh isi laporan, pastikan Anda membaca kembali bagian pendahuluan sebelum membuat kesimpulan. Percayalah, metode ini ampuh menghasilkan kesimpulan yang lebih komprehensif!

3. Gunakan metode RERUN. Cobalah membuat kerangka kesimpulan dengan mengacu pada metode RERUN. Pada dasarnya, metode RERUN bisa Anda gunakan untuk membuat kerangka sebuah laporan penelitian yang tidak terlalu panjang, tetapi secara khusus akan berguna untuk membuat kesimpulan yang lengkap dan berkualitas. RERUN merupakan singkatan dari:

  • Restate/Mendeskripsikan ulang: Deskripsikan kembali penelitian yang Anda lakukan.
  • Explain/Menjelaskan: Jelaskan kembali tujuan penelitian Anda. Apa yang ingin Anda temukan melalui penelitian tersebut? Jelaskan pula prosedur yang Anda gunakan secara singkat.
  • Results/Hasil: Jelaskan temuan Anda. Jelaskan pula apakah temuan tersebut berhasil mendukung hipotesis awal Anda.
  • Uncertainties/Ketidakpastian: Deskripsikan kegagalan dan ketidakpastian yang muncul dalam penelitian Anda. Misalnya, jelaskan situasi tak terduga dan tidak bisa Anda kontrol yang ternyata memengaruhi hasil penelitian Anda.
  • New/Kebaruan: Diskusikan pertanyaan atau penemuan baru yang muncul dari penelitian tersebut.

4. Pertimbangkan untuk menambahkan komponen lain. Selain yang tercantum di dalam metode RERUN, kemungkinan besar Anda perlu menambahkan komponen lain untuk melengkapi kesimpulan Anda. Misalnya, cobalah menjelaskan apa yang berhasil Anda pelajari dari penelitian tersebut; jelaskan pula posisi penelitian Anda di bidang kajian tersebut. Anda juga bisa menjelaskan keterkaitan hasil temuan dengan konsep teoretis yang dipelajari di kelas.

  • Kemungkinan besar, pengajat Anda juga akan memberikan berbagai pertanyaan yang spesifik dan perlu dijawab. Pastikan Anda menjawabnya dengan lengkap dan komprehensif di bagian kesimpulan!
Article Categories:
Rumah & Taman
banner

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *